Sistem Nilai Ujian OSCE - 09711333

FEEDBACK REMEDIASI I - OSCE PREDIK PERIODE SEPTEMBER 2015

01 Oktober 2015

09711333

Station Feedback
ENDOKRIN & METABOLIK
HEMATOLOGI & IMUNOLOGI
INTEGUMENTUM deskripsi UKK sudah lengkap tetapi tidak melakukan cuci tangan WHO dan tidak memakai handscoon. Tidak mengukur berat badan, bagaimana memberikan dosis obat? Terapi tidak tepat dosis dan tidak tepat cara pemberian.
KARDIOVASKULER Inspeksi mata: konjungtiva tidak ikterik? Yang bisa nampak ikterik adalah sklera. Inspeksi thoraks: tidak nampak barrel chest. Palpasi: lokasi meraba iktus cordis salah, seharusnya bukan dibawah arcus costae. Periksa taktil fremitus hendaknya dengan permukaan ulnar palmar. Perkusi batas jantung kanan dan pinggang jantung kurang tepat. Lokasi auskultasi apex jantung kurang tepat. Penggunaan stetoskop auskultasi apex kurang tepat. Ictus cordis seharusnya di SIC 5 midclavicular sinistra. Pada pemeriksaan toraks, selain kardiak, hendaknya pulmo juga diperiksa. Teknik pemeriksaan JVP kurang tepat, seharusnya posisi pasien setengah duduk. EKG benar. Pembacaan XRay toraks untuk mengetahui adanya pembesaran jantung, harusnya dicari CTRnya.
MUSKULOSKELETAL
REPRODUKSI tidak meminta pasien untuk mempersiapakan diri, tidak meminta pasien untuk cuci tangan, berbaring dan berada dalam posisi rileks. Desinfeksi hanya seidkit, tidak seluas area yang akan dipasang implan(paling tidak buat diameter sampai 8 cm), tidak memasang duk steril saat anestesi, akhirnya tangan yang sudah pakai sarung tangan menyentuh bagian tubuh pasien--> tidak menajaga prinsip sterilitas, peserta melepas pendorong sebelum trokar dimasukkan ke lengan, peserta mendorong implan dengan pendorong, peserta melepas semua trokar baru memasukkan lagi saat akan memasukkan implan kedua, tidak memastikan apakah semua implan sudah masuk atau belum. tekhnik pemasangan implan sebagian besar tidak tepat.
RESPIRASI anamnesis sudah bagus, px fisik lengkap dan urut, teknik juga benar, dx benar, hanya dapat menyebutkan 1 dd, edukasi superfisial
Download PDF